Jumat, 16 Desember 2011

Etika Kepada Kedua Orang Tua


Anda haruslah memuliakan dan mengagungkan ayah mereka. Melaksanakan semua perintah ayah ada maupun tidak dengan hati bersih dan bahagia agar mendapat ridhlo dan kecintaan Allah SWT. Anda haruslah tulus mencintai orang tuanya dengan mengikuti pesan – pesannya dengan taat atas kemauan sendiri bukan karena takut atau terpaksa.
            Anda yang patuh kepada orang tua dan menjalankan semua nasehat mereka berkait dengan etika maupun pengetahuan serta berlaku baiik kepada semua orangyang dicintai dan keluarga besarnya akan memperoleh keberuntungan yang melimpah. Sebaliknya, anda yang membangkang terhadap orang tua mereka dan tidak mau melaksanakan semua pesan orang tua akan di benci orang yang mencintainya, di hina masyarakat dan di benci Allah, sehingga hidup dalam kehinaan dan tercela.
            Jika anda duduk d hadapin ayahnya, hendaknya ia duduk dengan sangat sopan, tidak banyak tawa, tidak menyentuh pakaian sang ayah dan tidaj bersuara lebih keras daripada ayahnya. Ketika anda meminta sesuatu kepada orang tunya, hendaknya mintalah dengan halus. Tidaklah tepat hal ini dilakukan di hadapan banyak orang. Jika akhirnya orang tua tidak mengabulkan permintaannya jangan sampai memaki mereka. Hendanya anda berhati – hati ketika meminta sesuatu kepada selain orang tuanya walaupun kepada teman yang paling di cintai orang tuanya, karena hal ini dapat menjelekkan kehormatan orang tua dan keluarganya serta menjadikannya termasuk orang – orang yang berjiwa rendah.
            Seharusnya anda memuliakan dan mencintai dan menyayangi mereka. Seorang ulama berkata : “ Surga di bawah telapak kaki para ibu “. Tidak selayaknya anda berkeras hati kepada ibunya, dengan suara yang lebih keras maupun membuat ibu cemas. Jika ketidaklayakan ini di lakukan maka kekejian ini akan menjadikan keras hati. Anda yang bijak hendaknya bersabar dalam menjalankan tugas yang diberikan oleh sang ibu, bekerja dengan kerelaan hati dan tidak menolak semua perintahnya.
            Hendaknya anda dapat menjaga uang pemberian orang tua yang ditujukan untuk kebutuhannya. Anda dalam menggunakan uang pemberian orang tua hendaknya atas sepengetahuan mereka.
            Anda yang telah dewasa dan kuat, hendaknya membantu ibunya dalam mengatur rumah dan juga membantu sang ayah. Dan hendaknya hal tersebut telah dibiasakan semenjak kecil.

0 komentar:

Poskan Komentar