Jumat, 16 Desember 2011

Etika Kepada Bapak Ibu Guru


Anda haruslah memuliakan ibu bapak gurunya. Merekalah orang yang mendidik dan menjukkan jalan bagi anda sehingga menjadi seorang ibu yang bujak dan terdidik. Hendaknya anda mau melasanakan semua nasehat guru, mengetahui keutamaan mereka dan berusaha keras untuk memahami apa yang mereka sampaikan, karena bapak guru berkedudukan sebagai ayah sedangkan ibu guru layaknya ibu.
Anda ketika duduk dihadapan para gurunya hendaknya penuh kesopanan, penuh perhatian, mendengarkan denagn seksama dan tenang. Demikian juga di tengah pelajaran ia tidak patut untuk memain – mainkan tangannya, menginjak – injak kaki, menghadap kebelakang maupun sibuk bercakap – cakap dengan temannya.
Jika ibu dan bapak guru mengajukan pertayaan hendaknya anda berdiam dulu, meletakkan kedua tangan di pinggul dengan sopan, setelah memahami pertanyaan tersebut hendaknya anda menjawab dengan benar, bisa diterima dan masuk akal. Jika ibu atau bapak guru menanyakan adakah yang belum dipahami, hendaknya anda tidak memotong penjelasan sang guru atau menghina permintaan itu tetapi jawablah pertanyaan denagn halus dan sopan. Tidak selayaknya anda mempersalahkan pengajarnya perihal suatu perkara tetapi hendaknya ia mengambil pelajaran – pelajaran dari nasehat mereka yang bermanfaat, melakukan aktifitas yang berguna dan bermanfaat yang telah mereka tunjukkan.
Di tengah pelajaran berlangsung tidak selayaknya anda sibuk mempelajari pelajaran lain, hendaknya ia mencurahkan semua konsentrasinya kepada pelajaran yang tengah berlangsung. Anda haruslah giat belajar agar guru memberkan nilai baik untuk dirinya.

0 komentar:

Posting Komentar