Jumat, 16 Desember 2011

Etika Berpakaian


                Tujuan mengenakan pakaian tidak hanya terlindung dari hal – hal buruk dari luar tubuh,tetapi juga sebagai petunjuk kewibawaan dan kesempurnaan. Anda tidaklah layak mengenakan pakaian yang tak sopan, haruslah diperhatikan kelayakan dan kebaikan cara berpakaian.
            Bagi perempuan zaman sekarang tak ada permasalahan yang lebih penting dalam berpakaian kecuali hanya untuk kesombongan dan kebanggaan, hingga seorang pembantu sama kedudukannya denagn tuan dalam hal berpakaian, bahkan orang – orang miskin berusaha berhemat dalam kebutuhan pokoknya agar dapat membeli pakaian bagus supaya sama dengan orang lain. Janganlah kalian menyamai perempuan – perempuan yang kurang bijak.
            Kesopanan dan kesempurnaan  anda tercermin dalam keteraturan, kerapian dan kelayakan pakaian yang dikenakan. Hendaknya anda memilih pakaian yang paling sesuai minimal ada ornamennya dan maksimal di tenun. Menjadikan terhormat dan berwibawa karena kehalusan dan kelembutannya, enak di lihat dan terhormat. Adapun pakaian yang terlalu banyak ornamenya, beda – beda gaya dan ukurannya, berwarna mencolok dan dari sutra yang mahal menurut para cendikiawan dianggap hina dan sangat bodoh.
            Anda hendaknya mengethaui bahwa mereka tidak di ciptakan sebagai modal ( inovasi ) tetapi modellah yang di ciptakan bagi mereka. Oleh karena itu tidak baik anda menjadi tawanan model karena dia akan terbebani beban berat dan menjalankan nafkah yang berat lebih dari itu dia telah keluar dari batas kesopanan dan keramahan.
            Anda harus menjauh dari mode – mode ( inovasi / model baru ) karena semua itu tidaklah baik walaupun baik menurut perancang – perancang Perancis. Sama sekali tidak pantas anda mengenakan pakaian yang tidak sesuai dengan strata dan derajatnya, karena akan menelantarkan keluarga dan menjadikan rendahnya derajat seseorang dan tanda kurang pandainya orang tersebut.
            Sebuah keramahan dan kesopanan jika anda tidak membiasakan diri untuk meminta tolong orang lain memakaikan pakaian tetapi haruslah anda berpakaian sendiri walaupun ia mempunyai pembantu.

0 komentar:

Posting Komentar